Talaud , Porodisa- Surga di Pulau Paling Utara Indonesia - 19 Pantai Indah Yand Ada di Talaud

Share:


Hai teman-teman, Anyeong Chinguya ( ching- gu – ya), hari ini Ej akan menceritakan tentang sebuah surga yang terletak di pulau paling utara Indonesia sesuai dengan namanya yaitu Talaud, Porodisa yang berarti Surga.

Tapi chingu sebelum Ej menceritakan betapa indahnya Talaud, Ej ingin mengajak chingu semua untuk menyanyikan jingle Indomie yang legend banget pada zamannya, kalau generasi 90-an pasti tau deh jingle ini bahkan ya chingu sangking legend nya dulu Ej pernah menganggap ini itu lagu kebangsaan loh,, hehhehe.. Ej tulis liriknya ya.

‘Dari Sabang Sampau Merauke’
‘Dari Timor sampai Ke Talaud’
‘Indonesia tanah airku.. Indomie... Seleraku’

Hayo, udah terngiang-ngiang belum sama jingle legend yang satu ini, generasi 90-an mana suaranya...
Btw, busway kenapa Ej ingin chingu mengenal jingle tersebut karena salah satu tempat yang disebutkan di jingle itulah yang akan kita bahas kali ini.
Talaud , Bumi Porodisa di ujung Indonesia tepatnya pulau paling utara yang berbatasan langsung dengan Philipina ini, memang benar-benar surga yang tuhan turunkan ke bumi. Pertama kali Ej menginjakan kaki disini, hal pertama yang terucap adalah “indahnya” tidak salah orang-orang menyebut tempat ini adalah surga memang benar seindah itu. Selain keindahan alamnya, Talaud juga terkenal dengan keramahan masyarakatnya serta toleransi beragama yang tinggi. Keramahan masyarakat dan toleransi beragama yang sangat tinggi di Talaud akan Ej bahas di Blog selanjutnya, karena pengalaman EJ di sini sangat indah dan akan panjang jika di ceritakan jadi tunggu di blog selanjutnya ya. Kali ini Ej akan menunjukan kepada chingu alias teman-teman 19 pantai indah yang ada di Talaud yang bisa banget kalian kunjungi ketika datang ke Talaud. Check it out..

1. Karatung

Pantai Karatung adalah pantai dengan pasir yang mempesona dan birunya laut yang memanjakan mata, untuk menuju kesini dari Melonguane yang merupakan kota kabupaten dimana bandara berada chingu harus menaiki kapal Pelni atau Boat yang menuju ke karatung. Meski perjalanan yang panjang namun setibanya disana chingu akan merasa semua lelah itu terbayarkan dengan melihat keindahannya.

2. Riung

Pantai riung memiliki pesona yang berbeda, memiliki pasir coklat dan tebing yang bisa kita naiki untuk mengambil photo yang indah ini juga wajib kamu datangi saat ke Talaud.

3. Miangas

Pulau Miangas adalah pulau yang paling dekat dengan Philipina jika kita menaiki mercusuar yang ada disana saat cuaca tidak berkabut kita bahkan bisa melihat Philipina dari sana. Dulu akses kesini cukup sulit karena hanya ada kapal yang menuju kesana 2 minggu sekali namun sekarang setelah presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Miangas akses kesana menjadi lebih mudah.

4. Batumbarian, Dapalan
Pantai ini cukup unik dengan adanta batukarang yang ditumbuhi pohon kelapa, sehingga membuat pantai ini semakin indah. Bagaimana , pasti chingu ingin segera menuju kesini kan.

5. Pulau Sara

Pulau sara adalah pulau tak berpenghuni yang menawan dengan pasir putih seputih susu dan air laut yang jernih, jika kamu suka snorkeling pulau ini adalah pilihan yang tepat.

6. Gemeh

Pantai gemeh merupakan pantai yang jaraknya cukup jauh dari Melonguane dan akses kesana yang cukup sulit, namun pantai indah disana menurut Ej pantas untuk mendapatkan perjuangan sesulit itu karena indahnya akan membuat semua lelahmu terbayarkan.

7. Batu Kulintang

Pantai yang satu ini akan menawarkan spot photo di atas batu karang namun dengan background pantai dengan ombak yang saling berkejaran dan biru laut yang menenangkan.

8. Tabang

Pantai ini memiliki pasir coklat namun tetap indah dengan adanya pohon kelapa yang berada di tepi pantai, yang menambah pesona dan keindahannya.

9. Sambuara

Pantai Sambuara memiliki air yang biru dan perkebunan kelapa yang menghiasi sepanjang pantai ini.

10. Salibabu

Pantai Salibabu adalah pantai dengan pasir putih dan batukarang serta pohon kelapa yang berada di pinggiran pantai , membuat kita betah berlama-lama berada disini.

11. BBC 

Pantai BBC adalah pantai kebanggaan masyarakat Beo setiap sore biasanya masyarakat akan lari sore kemudian berenang di pantai ini, jika merasa lapar jangan khawatir disini juga tersedia warung yang menjual Mie ojo dan tinutuan serta makanan lainnya. Sangat menyenangkan menghabiskan sore disini sembari menunggu Sunset yang keindahannya dijamin akan membuatmu terpesona.

12. Aili

Pantai Aili adalah pantai yang masih berada di Beo tak jauh dari BBC namun memiliki pesona yang berbeda, sehingga jika ke Beo jangan lupa menuju ke pantai ini juga.

13. Damau

Pantai Damau juga bisa kalian kunjungi saat ke Talaud meski agak jauh dari Melonguane namun pantai ini mampu memberi kesan yang berbeda saat kamu mengunjunginya.

14. Pampini

Pantai Pampini adalah pantai dengan spot batu karang namun memiliki background sebuah gunung dengan pohon yang hijau dan tentu saja indah.

15. Bantane

Desa Bantane juga memiliki pantai yang indah, saat kamu tiba di desa tersebut kamu hanya akan melihat sebuah perkampungan namun saat kamu masuk ke beberapa jalan kecil yang ada di desa tersebut, di ujung jalan tersebut kamu akan melihat hamparan laut biru, kapal nelayan dan pepohonan rindang menghiasinya.

16. Melonguane

Melonguane adalah kota kabupaten Talaud dimana bandara berada, saat pesawatmu akan mendarat pemandangan laut biru akan menyambut kedatanganmu. dan dijamin kamu akan berdecak kagum melihat betapa indahnya pulau ini.

17. Taturan 

18. Pulutan

Selain pantainya yang indah berbatu karang, Pulutan juga dikenal dengan Legenda ular besar yang bernama Atoanna, yang konon sangking besarnya mampu membelah pulau-pulau yang menghalangi jalannya oleh kibasan ekornya, ular tersebut sedang mengejar seorang putri bernama Arrussuello yang dijanjikan akan diberikan kepadanya namun ternyata dilarikan oleh keluarganya. Saat tiba di Pulau ini sang putri dan keluarganya meminta pertolongan kepada dua orang sakti yang menjaga pulau bernama Mannatta dan Larrossa, karena mereka membantu sang putri Atoanna menjadi marah namun Mannata dan Larrosa tetap menyambut kedatangan ular tersebut dengan baik. Mereka menyuguhkan 3 buah batu besar memerah dalam api kepada Atoanna namun karena kesombongan dan keangkuhannya ia memakan batu tersebut karena sangat percaya dengan kesaktiannya. Ternyata malang nasib Atoanna setelah memakan ke 3 batu tersebut yang telah diberi mantra, ia menggelepar dan terlontar serta tergulung hingga ke pesisir, empedunya pecah dan berceceran ke tanah tubuhnya melemah kemudian mati dan menjadi batu.

19. Marumun

Untuk chingu yang suka berburu Sunset, Pantai Marumun adalah pilihan yang sangat tepat karena selain mendapatkan sunset yang indah kalian juga bisa mendapatkan photo yang keren.

Sudah banyak pantai yang Ej tunjukan kepada chingu semua dan pantai itu belum mencakup semua pantai yang ada di Talaud, masih banyak lagi pantai-pantai yang belum sempat Ej datangi. Oleh karena itu chingu, jangan pikir panjang lagi segera rencanakan liburanmu menuju ke Talaud, bumi Porodisa yang indahnya kebangetan ini di jamin gak akan nyesal kalau chingu traveling kesini. Oke chingu sampai disini dulu ya perjalanan Ej kali ini, Anyeonggggg......



2 comments: